Beberapa nasehat dari seorang wanita sukses

Ya Tuhanku, aku memuji-Mu dengan segala pujian yang tidak layak bagi selain-Mu menerimanya. Wahai Tuhanku, hanya Engkaulah tempat bergantung semua makhluk.

  Sorang ibu yang moderat menasehati anak perempuannya pada hari pernikahannya dengan dibarengi oleh senyum dan tangis bahagianya. Ia mengatakan:

   “Wahai anak perempuanku, engkau sekarang akan menempuh hidup yang baru, yaitu kehidupan yang tiada tempat padanya bagi ibumu, ayahmu atau seorang dari saudara-saudaramu. 

Di dalamnya engkau akan menjadi teman hidup suamimu yang tidak menginginkan ada seorang pun ikut campur dengannya terhadapmu sekalipun ia berasal dari darah dagingmu sendiri.
   Jadilah engkau istrinya, jadilah engkau ibu untuknya, dan jadikanlah dia merasa bahwa engkau adalah segalanya dalam hidupnya dan segalanya dalam dunianya. 

Ingatlah selalu bahwa seorang lelaki itu, siapa pun dia adanya, bagaikan bayi besar yang dengan sedikit kata-kata manis akan dibuatnya merasa bahagia. 

Jangan kau jadikan dia merasakan dengan mengawinimu berarti dia telah meninggalkan keluarga dan kerabatnya.

   Sesungguhnya perasaan ini adakalanya dia rasakan pula pada dirinya bahwa dia telah meninggalkan rumah kedua orang tuanya dan keluarganya demi kamu. 

Akan tetapi, perbedaan antara dia dan kamu adalah perbedaan antara seorang lelaki dan seorang wanita, wanita selamanya merindukan keluarga dan rumah tempat kelahiran, tempat ia tumbuh, tempat ia dibesarkan dan tempat ia belajar. 

Akan tetapi, ia harus membiasakan dirinya dengan kehidupannya yang baru. 

Dia harus menyesuaikan kehidupannya dengan lelaki yang kini menjadi suaminya, pemeliharanya, dan ayah bagi anak-anaknya. Inilah duniamu yang baru.

Dobel Sok 1/2*1/4

   Wahai anak perempuanku, inilah masa kini dan masa mendatangmu, inilah keluargamu yang akan kamu bangun berdua bersama dengan suamimu. 

Sesungguhnya ibu tidak meminta kepadamu agar melupakan ayah dan ibumu serta saudara-saudaramu, karena sesungguhnya mereka tidak akan melupakanmu selamanya, wahai sayangku. 

Bagaimana bisa seorang ibu melupakan belahan hatinya? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads

Populer